Sabtu, 01 Oktober 2011

Flowchart Siklus Akuntansi Keuangan


Proses Akuntansi (Siklus Akuntansi)

Proses akuntansi adalah serangkaian kegiatan yang dimulai dengan transaksi dan berakhir dengan penutupan buku. Karena proses ini diulang setiap periode pelaporan, ini disebut sebagai siklus akuntansi dan mencakup langkah-langkah utama:

1. Identifikasi transaksi atau peristiwa lainnya dikenali.

2. Siapkan transaksi yang dokumen sumber seperti pesanan pembelian atau faktur.

3. Menganalisis dan mengklasifikasikan transaksi. Langkah ini melibatkan mengukur transaksi dalam hal moneter (misalnya dolar dan sen), mengidentifikasi account yang terkena dan apakah akun tersebut harus didebit atau dikredit.

4. Mencatat transaksi dengan membuat entri dalam jurnal yang tepat, seperti jurnal penjualan, jurnal pembelian, jurnal penerimaan kas atau pencairan, atau jurnal umum. Entri tersebut dibuat dalam urutan kronologis.

5. Posting jurnal umum entri ke buku besar.

__________________

Langkah di atas dilakukan selama periode akuntansi sebagai transaksi terjadi atau dalam proses batch periodik. Langkah-langkah berikut ini dilakukan pada akhir periode akuntansi:

6. Siapkan neraca saldo untuk memastikan bahwa debet kredit sama. Neraca saldo adalah daftar dari semua akun buku besar, dengan debit di kolom kiri dan kredit di kolom kanan. Pada titik ini tidak ada jurnal penyesuaian telah dibuat. Jumlah sebenarnya dari setiap kolom tidak bermakna, yang penting adalah bahwa jumlah sama. Perhatikan bahwa saat keluar-dari-keseimbangan kolom menunjukkan kesalahan rekaman, kolom seimbang tidak menjamin bahwa tidak ada kesalahan. Sebagai contoh, tidak merekam transaksi atau merekam dalam account yang salah tidak akan menyebabkan ketidakseimbangan.

7. Membetulkan segala perbedaan dalam neraca saldo. Jika kolom tidak seimbang, mencari kesalahan matematika, kesalahan posting, dan kesalahan pencatatan. Posting kesalahan meliputi:

o posting dari jumlah yang salah,

o menghilangkan posting,

o posting di kolom yang salah, atau

o posting lebih dari sekali.

8. Siapkan jurnal penyesuaian untuk mencatat akrual, jumlah ditangguhkan, dan diperkirakan.

9. Posting jurnal penyesuaian ke buku besar.

10. Siapkan neraca saldo disesuaikan. Langkah ini mirip dengan penyusunan neraca saldo disesuaikan, tapi kali ini termasuk ayat jurnal penyesuaian. Memperbaiki kesalahan yang mungkin ditemukan.

11. Siapkan laporan keuangan .

o Laporan laba rugi: dibuat dari pendapatan, biaya, keuntungan, dan kerugian.

o Neraca: dibuat dari aset, kewajiban, dan akun ekuitas.

o Pernyataan laba ditahan: dibuat dari laba bersih dan informasi dividen.

o Laporan arus kas: yang berasal dari laporan keuangan lain baik menggunakan metode langsung atau tidak langsung.

12. Siapkan jurnal penutup akun sementara yang dekat seperti pendapatan, biaya, keuntungan, dan kerugian. Account tersebut ditutup ke akun ikhtisar laba rugi sementara, dari mana keseimbangan ditransfer ke rekening laba ditahan (modal). Setiap dividen atau penarikan account juga tertutup untuk modal.

13. Posting ayat jurnal penutup ke buku besar.

14. Siapkan keseimbangan setelah penutupan sidang untuk memastikan bahwa debet kredit sama. Pada titik ini, hanya akun permanen yang muncul sejak sementara telah ditutup. Memperbaiki kesalahan.

15. Siapkanmembalikan entri jurnal (opsional). Entri jurnal pembalik sering digunakan ketika telah ada akrual atau penangguhan yang dicatat sebagai jurnal penyesuaian pada hari terakhir dari periode akuntansi. Dengan membalik jurnal penyesuaian, salah satu menghindari perhitungan ganda jumlah saat transaksi terjadi pada periode berikutnya. Sebuah entri jurnal pembalik tercatat pada hari pertama periode baru.

Alih-alih menyiapkan laporan keuangan sebelum entri jurnal penutup, adalah mungkin untuk mempersiapkan mereka setelah itu, dengan menggunakan neraca pendapatan ringkasan sementara untuk mengumpulkan saldo akun buku besar sementara (pendapatan, biaya, keuntungan, kerugian, dll) ketika mereka tertutup. Rekening pendapatan sementara ringkasan kemudian akan ditutup ketika menyiapkan laporan keuangan.

Sumber : *http://www.netmba.com/accounting/fin/process/

*http://www.bookkeeping-financial-accounting-resources.com/accounting-cycle.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar